Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Artikel Terpopuler

Estetika Lingkungan melalui Penataan serta Pemasangan Plat Nomor Rumah Penduduk di Desa Salem

Mencari sesuatu yang hendak dituju tanpa adanya petunjuk khusus rasanya cukup menyita waktu. Penanda atau petunjuk yang telah disiapkan sebelumnya mempermudah dan mampu mengefisienkan waktu. Salah satu contoh nyata adalah inventaris keluarga seperti rumah yang perlu dipasang plat nomor rumah. Plat Nomor Rumah merupakan nomor yang dipasang pada rumah-rumah / bangunan yang berfungsi sebagai petunjuk dan tanda pengenal. Hari ini Desa Salem  melakukan penataan plat nomor rumah yang dimulai dari dusun IV dan akang dilakukan secara bertahap untuk seluruh wilayah desa.Penataan Nomor Rumah/bangunan dimaksudkan dalam rangka pendataan potensi sumber daya yang ada, tertib administrasi pemerintahan dan kependudukan serta  mempermudah pelaksanaan tugas-tugas bagi aparatur maupun masyarakat dalam mencapai alamat yang dituju. Plat nomor rumah yang sama dan  beraturan memudahkan warga akses menuju setiap rumah yang di inginkan menjadi lebih mudah serta akan tercipnya lingkungan yang rapi dan estetik.

Wawancara dengan Kepala Desa, Belajar Lebih Dalam Terkait Potensi Desa Salem

Potensi Desa Merupakan segenap sumber daya alam serta sumber daya manusia yang dimiliki desa. Sumber daya tersebut dianggap sebagai modal dasar yang nantinya dapat dikelola dan juga dikembangkan demi kepentingan, kelangsungan dan perkembangan desa.  Potensi desa menjadi bagian dari profile desa yang menjadi salah satu fokus praja IPDN dalam  menjalankan kegiatan Bhakti Karya Praja di Kabupaten Purwakarta diantara 3 tugas utama lainnya, yaitu: 1. Mengelola e-commerce 2. Mengelola profile desa 3. Mengelola berita "Desa Salem masih terus berupaya untuk mengoptimalkan segala potensi desa yang dimiliki," ujar Hj. Nana Sobana, Kepala Desa Salem. Sumber air dalam hal ini sungai yang mengaliri sepanjang wilayah Desa Salem merupakan aset yang terus dijaga pemerintah Desa Salem agar dapat dinikmati manfaatnya tidak hanya bagi Desa Salem sendiri, namun juga desa-desa sekitar apalagi menghadapi situasi musim kemarau disaat ini.

Salem Hari Ini! "Bersama Praja IPDN Angkatan XXXI Bertekad Membangun Desa Dalam Rangka Bhakti Karya Praja"

Institut Pemerintahan Dalam Negeri dalam rangka kegiatan Bhakti Karya Praja menjadikan Kabupaten Purwakarta sebagai lokus kegiatan. Kegiatan ini berlangsung 14 hari terhitung tanggal 5-18 September 2023. Praja IPDN disebar di beberapa desa dan kelurahan, salah satunya Desa Salem Kecamatan Pondoksalam. 9 orang praja IPDN ditempatkan di Desa Salem, untuk membantu program desa dan percepatan digitalisasi webdesaku.    Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap pembangunan desa salem dalam rangka mengembangkan potensi yang ada di Desa Salem serta kegiatan ini juga diharapkan dapat mengembangkan skill praja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, bersosialisasi kepada masyarakat, melatih praja dalam menghadapi permasalahan didalaman dunia pemerintahan secara langsung.

MusDesus itu Bagus

Giat MusDesSus (Musyawarah Desa Khusus) hari ini, Selasa (3/11/2020) diselenggarakan oleh Pemerintahan Desa Salem pada jam 09.00 WIB, bertempat di aula kantor Desa Salem, dengan dihadiri oleh Pj Kepala Desa Salem Yudi Ginanjar S.STP, Jajaran BPD/ BaMusDes, Babinsa dan semua Kelembagaan yang ada di Desa Salem, juga menghadirkan para tokoh Masyarakat, Agama, dan Pemuda dari keterwakilan masing-masing wilayah RT se-desa Salem, Kecamatan Pondoksalam Kabupaten Purwakarta. Adapun yang bertindak sebagai narasumber, Selain Pj Kades dan Ketua BPD/BaMusDes, juga nampak hadir perwakilan dari kantor kecamatan yang diwakili Bpk Suhita (kasie kesra kec. Pondoksalam) dan Petugas PD (Pendamping Desa) Salem. Musyawarah Desa Khusus (MusDesSus) ini diselenggarakan untuk memusyawarahkan bersama-sama untuk kemudian menetapkan Data para Calon Penerima Bantuan Langsung Tunai yang berasal dari Dana Desa (BLT DD) pada Pencairan DD Desa Salem Tahap III,  yakni sebesar 20%. Dalam Kesempatan ini berdasarkan hasil perundingan sebelumnya dengan Jajaran Badan Permusyawaratan Desa /BPD (BaMusDes), Perangkat Desa dan Lembaga RT/ RW terkait lainnya, Kepala Desa meminta masukan lain kepada anggota musyawarah yang hadir tentang kesepakatan tersebut, dan Alhamdulillah Tercapai kesepakatan dari semua yang hadir bahwasannya BLT DD diharapkan dapat meng-cover sebagian warga masyarakat yang selama ini sama sekali belum pernah tersentuh Bantuan dari Pemerintah dalam bentuk apa pun terkait efek Pandemik wabah Virus Corona Covid-19 . Diakhir acara Kades menginstruksikan kepada para Ketua RT/ RW dan Perangkat Desa untuk segera mendata kembali warganya perihal yang belum pernah mendapat bantuan dan secara kasat mata Memang Layak mendapatkan bantuan tersebut agar setelah Pencairan DD tahap III ini, bantuan BLT DD dapat segera tersalurkan dengan tepat sasaran. (KD2)

Giat Jumsih Rutin Desa Salem

Warga Desa Salem Kecamatan Pondoksalam Kabupaten Purwakarta bergotong royong membersihkan lingkungan nya di masing-masing wilayah dusun secara rutin dilakukan oleh warga masyarakat yang ada di wilayah nya, kegiatan ini dilakukan rutin setiap hari jum'at pagi ,menurut salah satu warga kegiatan ini dilakukan agar masyarakat terbiasa dengan hidup yang bersih dan berdampak baik bagi kita,apalagi sekarang lagi musim nya Corona. Kegiatan rutin ini pun juga bisa menambah erat tali silaturahmi antar warga masyarakat.